9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Kos

Selain trend dan kuliner, bisnis properti juga banyak dilirik para publik figur. Namun tak hanya itu, ada juga yang mulai membangun bisnis kosan yang ditujukan untuk mahasiswa dan pekerja. Namun, jangan paksakan diri Anda untuk memberi fasilitas di luar kemampuan atau modal yang ada. Hal terpenting adalah bagaimana bisnis ini bisa berjalan dulu, sambil mengumpulkan modal untuk membangun kost yang lebih besar dan lengkap.

desain kos kosan Menyesuaikan dengan pangsa pasar yang dituju akan memberikan daya tarik sendiri bagi para calon penghuninya. Kalau target anda mahasiswa maka buatlah lokasi yang memungkinkan untuk belajar yang nyaman. Kalau pekerja utamanakan desain yang nyaman untuk istirahat.

Harmony juga memiliki layanan jasa akuntansi untuk Anda yang tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk menggunakan software program akuntansi Harmony agar peredaran uang dalam bisnis Anda terkontrol dengan baik. Agar bisa menggunakan software program akuntansi harmony, Anda hanya perlu melakukan registrasi disini. Selanjutnya software akuntansi ini bisa langsung Anda aplikasikan secara free trial selama 30 hari.

Seorang pemilik kos yang telah bergabung dengan RoomMe, Indyastari Wikan Putri mengatakan merasater bantu dan tak lagi memikirkan tingkat hunian yang tak menentu. “Semua hal seputar operasional pun dibantu oleh RoomMe,” kata Wikan yang jadi juragan kos-kosan selama tujuh tahun. Untuk menghindari sanksi yang tidak diharapkan, pemilik kost wajib meminta izin operasional dari RT, RW hingga pemerintah setempat (pemerintah kota/kabupaten). Gambar dua dimensi dari konsep yang akan dilakukan pada bangunan (rencana jalan, air, listrik, fasilitas umum & fasilitas sosial). Setiap pemilik, pengguna, penyedia jasa konstruksi dan pengelola bangunan gedung yang tidak memenuhi kewajiban pemenuhan fungsi persyaratan dan/atau penyelenggaraan bangunan gedung dikenakan sanksi. Dengan demikian, kata indekos memiliki sinonim dengan memondok.

Saat ini memang Anda tidak boleh merasa puas dan berbangga diri atas penghasilan tetap dan pekerjaan Anda di perusahaan yang sudah besar. Tapi tetap saja, seluruh orang harus mempunyai kesadaran untuk bisa mendapatkan kesejahteraan finansial di hari tuanya dan harus dipikirkan sejak dari sekarang. Memulai bisnis kos-kosan adalah salah satu solusi untuk berinvestasinya. Lebih mudahnya lagi, kamu bisa mempekerjakan orang yang dipercaya untuk mengelola rumah kos tersebut. Sebagai pemilik kos, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan jasa yang banyak dibutuhkan tersebut.

Apalagi jika tidak perlu menambah investasi dengan biaya besar tentu lebih menjanjikan lagi. Yakni tidak harus investasi ratusan juta rupiah dikarenakan harus membangun properti “hanya” untuk menambah pendapatan beberapa juta per bulan. fasilitas print information pendaftaran sekaligus sebagai surat pernyataan/perjanjian penghuni kost dan pemilik kost yang kontent pernyataan bisa diedit sesuai kebutuhan. Namun jika fitur ini tidak diperlukan maka tidak perlu diisi.

Usaha kost-kostan

Beberapa pemilik kos kosan memberikan pelayanan khusus untuk penyewa kos kosan sebagai diferensiasi indekos tersebut dengan indekos milik kompetitor. Walaupun tampilannya tidak seperti resepsionis di apartemen atau hotel, namun tugas dan fungsinya sama, yaitu membantu menyimpan kiriman paket saat penyewa tersebut tidak di tempat. Hal ini untuk menghindari adanya kiriman paket yang hilang atau tertukar. Bisnis sewa properti memang dikenal punya prospek cerah sejak dulu. Baik itu bisnis rumah kontrakan maupun kos-kosan, keduanya sama-sama memiliki peminat yang tinggi.

Di kota metropolitan ini, banyak pekerja mapan namun tempat tinggal berada di luar Jakarta atau di daerah-daerah. Belum lagi kendala macet, maka kost adalah solusi hunian praktis bagi pekerja. Dalam penjelasannya, pasar kost mewah memang sangat menarik terutama untuk daerah yang berada di ring satu Jakarta. Permintaan dan kebutuhan kost akan selalu ada meski dihantam pandemi COVID-19.